logo
wai aria

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA BANYUMAS

Jalan Raya Kaliori No 58 Banyumas

Tlp. 0281-796019, Fax. 0281-796255, Email. pabanyumas@gmail.com

PROFIL HAKIM

H. Maftukhin, S.Ag., M.Hum.

  Alamat :
  
Randudongkal - Pemalang

  Tempat/Taggal Lahir :
 
 Pekalongan, 08 Agustus 1959

  Agama :
  
Islam

  Jabatan : 
 
Hakim Pratama Utama

  Pangkat Gol/Ruang :
  
Penata Tingkat I III/d

  Masa Jabatan :
  2017 s/d Sekarang

 

Riwayat Pendidikan :

Salah satu kota pusat pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah adalah Pekalongan, sebut saja kerajinan batiknya yang terkenal tidak hanya di tingkat nasional tapi juga ditingkat Internasional, di kota inilah Maftuhkin dilahirkan tepatnya pada tanggal 08 Agustus 1959,  anak dari H. Mahfudz ini mengawali pendidikan formalnya di Madrasah Ibtidaiyah Islam Prembun pada tahun 1974.

Selanjutnya dirinya melanjutkan sekolah di SMP Islam Comal-Pemalang, dan lulus pada tahun 1976, Maftuhkin muda selanjutnya memilih melanjutkan ke tingkat SMA dan memilih SMA Hasyim Asyary Pekalongan, dirinya menyelesaikan pendididkan SMA nya pada tahun 1981.

Tak hanya pendidikan formal saja, Maftukhin juga mengenyam pendidikan non formal di Pondok Pesantren Futuhurriyah - Mranggen, Demak dibawah asuhan K.H. Lutfi Hakim, ditanggan beliaulah Maftukhin banyak belajar tentang akhlak dan keteladanan. Sambil modok dirinya juga tetap melanjutkan sekolah formalnya di Institut Islam Wali Sembilan Semarang dan lulus sebagai Sarjana Agama (S.Ag.) di bidang Syariah pada tahun 1994, kecintaanya dibidang hukum membuat dirinya mendalami hukum di Universitas Merdeka Malang pada tahun 2016, dan mendapatkan gelar Magister Humaniora (M.Hum).

 

Riwayat Pekerjaan :

Perjalanan karir Maftukhin terbilang lancar, meskipun bukan hal yang mudah didapat, hal ini dibuktikan dengan perjalanannya sebagai CPNS pada Pengadilan Agama Pemalang pada tahun 1992, selanjutnya setahun kemudian dirinya mendapatkan surat keputusan penegerian sebagai PNS. Karir 3 orang anak ini terus meningkat dengan menjabat sebagai Panitera Pengganti pada Pengadilan Agama yang sama dari tahun 1996 sampai 2006.

Sepuluh tahun berkecimpung sebagai panitera pengganti, karirnya sebagai hakim diawali ketika dirinya dipercaya untuk menjadi hakim pada Pengadilan Agama Kalabahi pada tahun 2006 sampai 2010, hakim Pengadilan Agama Giri Menang dari tahun 2010 sampai dengan 2012, pada tahun 2012 Maftukhin kembali dimutasi pada Pengadilan Agama Magetan hingga tahun 2016, suami dari Istiharoh ini kembali di mutasi ke Pengadilan Agama Banyumas.