logo
wai aria

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA BANYUMAS

Jalan Raya Kaliori No 58 Banyumas

Tlp. 0281-796019, Fax. 0281-796255, Email. pabanyumas@gmail.com

PROFIL HAKIM

Arudji, S.H., M.Hum.

  Alamat :
 
 Jalan Gatot Subroto - Nganjuk

  Tempat/Taggal Lahir :
  
Tegal, 25 April 1959 

  Agama :
 
Islam

  Jabatan : 
  
Hakim Madya Utama

  Pangkat Gol/Ruang :
  
Pembina Utama Muda IV/c

  Masa Jabatan :
  22 Februari 2016 s/d Sekarang

 

Riwayat Pendidikan :

Pendidikan memang sarana untuk menimba ilmu, hal inilah yang memotovasi Arudji untuk meraih pendidikan setinggi-tingginya, selain dari motivasi dan dukungan orangtua serta keluarga tercinta, Arudji mengawali pendidikan formal di Sekolah Dasar Negeri pada tahun 1972, keinginannya saat itu untuk menjadi guru agama membawa dirinya memilih melanjutkan sekolag di Pendidikan Guru Agama Negri (PGAN) 4 Tahun, dan lulus pada tahun 1976, pada tahun 1978 dirinya menyelesaikan pendidikan PGAN 6 Tahun, selanjutnya dirinya hijrah ke Kabupaten Malang untuk melanjutkan pendidikan di bangku Madrasah Aliyah dan menyelesaikannya pada tahun 1978.

Setelah lulus Madrasah Aliyah Arudji memilih melanjutkan studinya pada Universitas Merdeka Pasuruan, dia memilih Fakultas Hukum dan mengakhir masa pendidikannya pada tahun 1992, hingga pada tahun 2014 dirinya menyelesaikan Strata 2 Universitas Kadiri dan mendapatkan gelar Magistra Hukum.

Riwayat Karier :

Hakim tiga orang anak ini mengawali karir sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil pada tahun 1981 pada Pengadilan Agama Pasuruan, setelah satu tahun sebagai CPNS Arudji menerima surat keputusan pengangkatan sebagai Pegawai Negeri Sipil tepatnya pada tahun 1982, karirnya mulai menanjak saat dirinya dipercaya menempati jabatan Kasub. Kepaniteraan dan Keuangan pada satuan kerja yang sama pada tahun 1983, selanjutnya menduduki jabatan Kasub. Kepaniteraan Stadok pada tahun 1990 masih di satuan kerja yang sama, pada tahun 1994 dirinya dilantik sebagai Panitera Muda Hukum, lagi-lagi pada instansi yang sama. Arudji mulai mutasi pada tahun 1995 ketika dirinya menduduki jabatan Wakil Panitera pada Pengadilan Agama Bondowoso, karir suami dari Ny. Mintoroh ini semakin menanjak setelah dirinya mutasi ke Pengadilan Tinggi Agama Surabaya dan menjabat sebagai Panitera Muda Banding pada tahun 1996.

perjalanan karir  Arudji semakin melejit ketika diberikan amanah sebagai Hakim pada Pengadilan Agama Nganjuk pada tahun 2001, melalui Kepres Nomor 294/M Tahun 2000, 9 tahun bertugas di Pengadilan Agama Nganjuk dirinya dimutasi ke Pengadilan Agama Jombang, hingga tahun 2015 Mahkamah Agung kembali memindahkan dirinya sebagai hakim pada Pengadilan Agama Banyumas.

selama berkarir di dunia peradilan Arudji banyak mengikuti berbagai macam pelatihan dan pendidikan, diantaranya Penataran Tenaga Administrasi Peradilan Agama, Penataran Pengawasan Melekat, Pendidikan Calon Hakim Peradilan Agama, dan Pelatihan Teknis Fungsional Peningkatan Profesional Hakim.