Portal Pengadilan Agama Banyumas

Selamat datang di Website Resmi Pengadilan Agama Banyumas, sebagai media informasi berbasis teknologi.
Portal Pengadilan Agama Banyumas

Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 H

Segenap Keluarga Besar Pengadilan Agama Banyumas mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah
Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 H

Aplikasi Gugatan Mandiri

Pelayanan yang lebih mudah, cepat dan biaya ringan, Ditjen Badan Peradilan Agama menyediakan Layanan Pembuatan Gugatan / Permohonan secara mandiri.
Aplikasi Gugatan Mandiri

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

e-Court

e-Court adalah layanan bagi pengguna terdaftar untuk pendaftaran perkara secara Online. Mendapatkan taksiran panjar biaya perkara, pembayaran secara Online, dan pemanggilan yang dilakukan secara elektronik. e-Filling (Pendaftaran perkara Online di Pengadilan) e-Payment (Pembayaran panjar biaya perkara Online) e-Summons (Pemanggilan pihak secara Online)
e-Court

on . Hits: 76

PA Banyumas Mengikuti Pembinaan Wakil Ketua Mahkamah Agung RI Secara Daring

 1

Banyumas,18/06/2021 | www.pa-banyumas.go.id

Memenuhi Undangan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor: 1881/DJA/Hm.00/6/2021, tanggal 15 Juni 2021 sekaligus Undangan dari Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang Nomor: W11-A/2573/Hm.01.1/VI/2021, tanggal 17 Juni 2021 perihal Undangan Peserta Pembinaan Kompetensi Tenaga Teknis Pengadilan Agama Berbasis Online (Daring), Ketua, Wakil Ketua, Para Hakim, Panitera, Panitera Muda dan Panitera Pengganti mengikuti secara daring acara tersebut di Ruang Media Center Pengadilan Agama Banyumas.

2

Dalam kesempatan kali ini, tema yang diangkat adalah Batas Kewenangan Mahkamah Agung dan Komisi Yudisial dalam Mengawasi Hakim, hadir sebagai pemateri Wakil Ketua Mahkamah Agung RI, YM. Dr. Sunarto, S.H., M.H.

3

Dalam uraiannya, YM. Dr. Sunarto, S.H., M.H. Menjelaskan beberapa hal yang harus dipegangi dalam pengawasan hakim, antara lain:

  1. Tidak menilai pertimbangan yuridis
    Dalam melakukan pengawasan Komisi Yudisial dan bahkan Mahkamah Agung sekalipun dilarang dan tidak boleh menilai pertimbangan yuridis dan subsatansi suatu putusan karena hal tersebut masuk ke dalam ranah kebebasan dan independensi hakim.
  2. Tidak mengurangi kebebasan hakim
    Proses pengawasan yang dilakukan oleh Komisi Yudisial tersebut harus dipastikan tidak mengurangi kebebasan hakim dalam menjalankan tugas yudisialnya.
  3. Wajib menjaga kemandirian
    Dalam proses pengawasan yang dijalankan oleh Komisi Yudisial wajib menjaga kemandirian dan kebebasan hakim
  4. Pemeriksaan hanya terhadap prilaku
    Dalam hal ditemukan adanya bukti-bukti yang cukup dan mengindikasikan ada kekeliruan yang disengaja dalam pembuatan suatu putusan maka pemeriksaannya hanya dilakukan dalam konteks prilaku yang dengan sengaja membuat kekeliruan dari putusan yang dibuatnya dan bukan terkait dengan substansi isi dari putusan yang telah dibuatnya sendiri.

Alhamdulillah acara berjalan dengan lancar dan aparatur Pengadilan Agama Banyumas mengikutinya hingga selesai. Semoga pembinaan ini dapat bermanfaat khususnya bagi aparatur Pengadilan Agama Banyumas. (Fnd)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Banyumas

Jl. Raya Kaliori No. 58, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah

Tlp. 0281-796019, Fax. 0281-796255

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tautan Aplikasi

IT Pengadilan Agama Banyumas © 2020