Sunday, September 23, 2018

Fasilitas Utama

  

 

 

Info Grafik

Pemeriksaan Tahap II PTA Semarang di Pengadilan Agama Banyumas

 

 

Pengadilan Agama Banyumas, 21-22 Oktober 2014 kembali mendapatkan pengawasan dan pemeriksaan regular dari Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Semarang. Pengawasan tahap kedua di tahun 2014 ini adalah agenda rutin PTA Semarang sebagai kawal depan Mahkamah Agung di daerah. Tim bertugas ke Banyumas dengan Surat Tugas No W11-A/2290/Kp.01.1/IX/2014 kali ini adalah Drs. H. Anshoruddin, SH, MA (Hakim Tinggi / Ketua Tim), Budi Djoko Walujo, SH (Panitera Pengganti / Sekretaris Tim) dan Suparijanto Sigit, SH (Kasubbag Keuangan / Anggota Tim).

Seperti biasa, pada hari pertama pemeriksaan dan pengawasan tim bekerja secara marathon memeriksa kesekretariatan, kepaniteraan juga beberapa sample putusan Pengadilan Agama Banyumas, sementara hari kedua dilaksanakan ekspose hasil pemeriksaan yang diikuti semua pegawai.

Pada prinsipnya, dalam ekspose disampaikan bahwa secara umum administrasi pengelolaan perkara maupun pengelolaan perkantoran di Pengadilan Agama Banyumas sudah berjalan baik dan sesuai SOP. Point plus diberikan ke pengelola keuangan karena untuk pembukuan sudah menggunakan aplikasi SILABI dari Kementerian Keuangan sehingga dapat dipastikan segala macam pembukuan sudah sesuai aturan yang berlaku.

Pada kesempatan ini, Drs. H. Anshoruddin, SH selaku Ketua Tim juga banyak memberikan arahan kepada para hakim mengenai teknis pembuatan putusan, baik itu mengenai dasar hukum mapun teknis lainnya yang berkaitan dengan penulisan agar sesuai dengan Buku II.