Berita Kegiatan

Berita Seputar Kegiatan Pengadilan Agama Banyums

Pengadilan Agama Banyumas Mendapat Amunisi Baru

Dengan volume sekitar 2000 (dua ribu) perkara setiap tahunnya, Pengadilan Agama Banyumas dengan 4 (empat) orang hakim tentunya  beban kerja hakim sangat berat. Namun setelah adanya hasil rapat Tim Promosi dan Mutasi Mahkamah Agung RI tanggal 14 Desember 2016 PA Banyumas mendapatkan tambahan 1 (satu) orang hakim.

Sekitar pukul 02.00 WIB, hari Senin tanggal 23 Januari 2017 bertempat di ruang sidang utama PA Banyumas dilaksanakan pelantikan hakim baru yaitu H. Maftukhin, S.Ag., M.Hum oleh Ketua PA Banyumas  Drs. H. Masfuri. Acara pelantikan dikemas secara sederhana namun khidmad dihadiri oleh seluruh pegawai PA Banyumas.

Rombongan Tamu Istimewa

 

 

Dipertengahan bulan Januari 2017 tepatnya Senin 16 Januari 2017 ini Pengadilan Agama (PA) Banyumas kedatangan rombongan tamu istimewa. Dikatakan istimewa karena semua pegawai PA Banyumas yang sarjana syari’ah maupun hukum pernah merasakan hal yang kurang lebih serupa. Rombongan tamu tersebut adalah para mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Purwokerto. Para mahasiswa tersebut dalam rangka Praktek Pengalaman Lapangan dengan mengambil tema “Penguatan Kompetensi Professional bagi Mahasiswa Fakultas Syari’ah IAIN Purwokerto”Rombongan yang berjumlah 16 Mahasiswa/Mahasiswi didampingi seorang Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) H. Khoerul Amru Harahap, Lc, M.H.I disambut dengan hangat oleh Bapak Ketua PA Banyumas Drs. H. Masfuri bersama Wakil Ketua Drs. Aliyuddin, S.H., M.H.

Rapat Koordinasi Pelaksanaan SIPP

Menindaklanjuti program Mahkamah Agung untuk menerapkan SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara) pada seluruh lingkungan peradilan, Pengadilan Agama Banyumas secara bertahap menerapkan SIPP mulai Mei 2016. Hanya saja penerapan itu masih sangat sporadis karena masih mengandalkan admin dalam penginputan perkara sejak pendaftaran sampai minutasi. Untuk itulah Koordinator Pengadilan Agama Karesidenan Banyumas yang terdiri dari Pengadilan Agama Banyumas, Purwokerto, Purbalingga, Banjarnegara dan Cilacap rutin melaksanakan rapat koordinasi yang diikuti dari level pimpinan sampai level pelaksana.

Di Pengadilan Agama Banyumas sendiri, sosialisasi sudah beberapa kali dilaksanakan terutama untuk mengenalkan apa itu SIPP dan apa yang harus dilakukan oleh para petugas maupun pegawai terkait dengan tupoksinya masing-masing. Terkait dengan hal tersebut Jumat (23/09/2016) di Pengadilan Agama Banyumas kembali dilaksanakan rapat koordinasi untuk memastikan SIPP sudah berjalan sebagaimana seharusnya.

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Banyumas, Drs. H. Masfuri didampingi oleh Panitera, Supardi SH. Dalam pengantarnya Ketua meminta Ari Budi Arto, S.Kom selaku Admin SIPP untuk menjelaskan sejelas-jelasnya bagaimana kondisi SIPP Pengadilan Agama Banyumas, ada kendala apa dalam penerapan dan bagaimana solusi yang mungkin bisa ditawarkan.

Upacara 17 Agustus 2016 di Pengadilan Agama Banyumas

Memperingat Hari Ulang Tahun Republik Indonesia Rabu (17/08/2016) Pengadilan Agama Banyumas mengadakan upacara yang diikuti oleh seluruh pegawai. Upacara kali ini dipimpin oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Drs. H. Aliyudin, MH menggantikan Ketua yang mengikuti upacara di Alun-Alun Kabupaten Banyumas.

Pada upacara kali ini seluruh pegawai hadir tanpa kecuali dan mengikuti upacara dengan khidmat. Dalam amanatnya, Wakil Ketua kembali mengingatkan tentang pentingnya integritas warga peradilan. Peradilan dan Mahkamah Agung saat ini begitu menjadi sorotan karena banyaknya aparat yang terkena kasus korupsi, gratifikasi maupun pelanggaran kode etik lainnya. Jangan sampai hal tersebut terjadi di Pengadilan Agama Banyumas karena hal itu sangat memalukan. Citra Pengadilan Agama yang sampai saat ini masih cukup bagus hendaknya kita jaga bersama, jangan dicederai dengan perilaku yang tidak terpuji.

Pelantikan Panitera, Panitera Muda Permohonan dan Panitera Pengganti

Ketua Pengadilan Agama Banyumas Drs. H. Masfuri, Jumat (22/07/2016), melantik beberapa pejabat kepaniteraan pada Pengadilan Agama Banyumas menindaklanjuti hasil Tim Promosi Mutasi Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama tanggal 05 Juli 2016. Mereka yang dilantik adalah:

  1. Supardi, SH, semula Wakil Panitera Pengadilan Agama Sragen menjadi Panitera Pengadilan Agama Banyumas.
  2. Sudarsono, SH, semulai Panitera Pengganti Pengadilan Agama Banjarnegara menjadi Panitera Muda Permohonan Pengadilan Agama Banyumas.
  3. Toib, SH, semulai Jurusita Pengganti Pengadilan Agama Purworejo menjadi Panitera Pengganti Pengadilan Agama Banyumas.

Pada kesempatan yang sama, Ketua juga melepas para pejabat yang dimutasi ke satuan kerja yang lain. Mereka yang dilepas adalah:

  1. Drs. A. Syaukani, SH, MH, semula Hakim Pengadilan Agama Banyumas menjadi Hakim Pengadilan Agama Kab. Malang.
  2. Drs. A. Topurudin, MH, semula Hakim Pengadilan Agama Banyumas menjadi Hakim Pengadilan Agama Ciamis.
  3. Drs. H.A. Muthohar AS, SH, MH, semula Hakim Pengadilan Agama Banyumas mejadi Hakim Pengadilan Agama Pekalongan.
  4. H. Afif Eko Sulistiono, SH, semula Panitera Pengadilan Agama Banyumas menjadi Panitera Pengadilan Agama Wonosobo.

Page 1 of 19